Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat
Dengan Metode T
Oleh : ronie
Pada posting yang lalu telah dibahas metode menyelesaikan soal Operasi
Bilangan Bulat dengan metode Kedap Kedip. Sangat menarik dan menyenangkan
menggunakan metode tersebut karena siswa dapat lebih mudah memahami masalah
Bilangan Bulat disamping mengaktifkan siswa secara motorik.
Nah kali ini kami ingin menyajikan satu lagi metode dalam menyelesaikan
soal Operasi Bilangan Bulat yang kami beri nama Metode T. Dengan metode ini
kami mengharapkan akan semakin memperkaya wawasan guru dalam mengajar, karena
dengan keberagaman metode yang diterapkan akan membantu siswa dalam memahami
materi dengan metode yang mereka pilih sesuai dengan pemahamannya.
Metode T kami rancang sesederhana mungkin agar mudah digunakan. Inti
gagasan ini muncul dari pemahanam bahwa dalam operasi hitung bilangan bulat
pada penjumlahan dan pengurangan dapat dikelompokkan sebelum dioperasikan. Pasti
ingin tahu bukan ? mari kita simak bersama.
Misalnya terdapat soal
3 – 7 = …
Maka kita buat seperti berikut
1.
Buatlah bagan T seperti pada gambar berikut
+
|
-
|
|
|
|
|
2.
Pindahlah angka pada bagan sesuai dengan
kelompoknya , 3 pada kelompok positif dan 7 pada kelompok negatif
+
|
|
||
3
|
7
|
||
|
4
|
3.
Tentukan angka terbesar, yaitu 7 yang merupakan
kelompok negative ( - ). Sehingga hasilnya pasti negative (-)
4.
Tentukan selisihnya , yaitu 7 dikurangi 3 = 4
(katakana pada murid kita “yang besar dikurangi yang kecil)
5.
Jadi hasilnya adalah – 4 (negative empat)
Contoh Soal 2
– 4 + 5 – 7 = ….
Mari kita persingkat
langkahnya , perhatikan langkah pada contoh soal diatas dan terapkan untuk
contoh soal 2 ;
Hasil tabel sebagai berikut ;
+
|
-
|
||
5
|
7
|
||
5
|
11
|
||
|
6
|
Karena angka 11 lebih besar dari lima , maka hasilnya kelompok negative (
- )
Selisih (angka yang besar kurangi yang kecil) 11 dan 5 adalah 6
Jadi hasilnya – 6 (negatif enam)
Mari kita sederhanakan lagi
Contoh soal 3
– 8 + 9 – 6 – 3 + 20 = ….
Solusi
9 dan 20 ada di kelompok pasitif , 8 , 6, dan 3 merupakan kelompok
negatif
+
|
-
|
||
9
20
|
8
6
|
||
29
|
17
|
||
12
|
|
Jadi hasilnya 12 (positif 12)
Contoh Soal 4
2 + 4 – 5 + 6 – 7 + 8 – 40 = ….
Solusi :
+
|
-
|
2
4
8
6
|
5
7
40
|
20
|
52
|
|
32
|
Hasilnya – 32 (negatif 32)
Contoh
Soal 5
1 – 2 + 3 – 4 + 5 – 6 = …
Solusi :
+
|
-
|
1
3
5
|
2
4
6
|
9
|
12
|
|
3
|
Hasilnya – 3 (negatif 3)
Semoga dengan lima contoh diatas kita dapat memahami metode T ini dengan
baik dan dapat di terapkan untuk membantu murid kita menyelesaikan soal-soal
Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan mudah dan menyenangkan. Lebih jelasnya
dapat menghubungi kami di 085749802175. Selamat mencoba. Bersambung. EBI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar