PEMBERDAYAAN INTERNET DALAM
MENDAPATKAN MATERI BAHAN AJAR
ABSTRAK
Bahan
ajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Bahan
ajar yang baik dan terbaru akan menghasilkan proses pelajar mengajar yang
optimal.
Internet
merupakan salah satu sumbertempat menemukan dan mengambil (find & get)
bahan ajar yang terbaru pada saat ini. Untuk mendapatkan bahan tersebut, harus
diketahui identitas komputer tempat bahan itu berada. Pada Internet dapat
dikategorikan atas 2 (dua), yaitu : edu (education) untuk komputer yang berada
di dalam Amerika Serikat dan ac (academic) yang diikuti oleh singkatan negara
untuk komputer yang berada di luar Amerika Serikat.
Keyword
:find&get, bahan ajar, edu (education), ac (academic), situs
PENDAHULUAN
Proses
pelaksanaan pendidikan berbasiskan kepada teknologi informasi, sehingga akan
menciptakan generasi yangmaju sesuai dengan tuntutan masa datang. Menurut
Sutrisno Muhdam (1993), tujuan pendidikan adalah untuk mempersiapkan generasi
berikut agar mempunyai bekal yang cukup dan kematangan dalam menghadapi
masalah-masalah yang akan dihadapinya.
Proses utama yang terjadi dalam pendidikan
adalah kegiatan pembelajaran, dimana dalamkegiatan belajar harus memanfaatkan
segala daya yang menjadi sumber belajar (Ibrahim,1994). Menurut Djamarah Saiful
Bahri dan Aswan Zain (2002), belajardan mengajar mengandung komponenkomponen,
yaitu ; tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat dan
sumber serta evaluasi. Menurut Degeng (1997), sumber belajar mencakup semua
sumber yang mungkin dapat digunakan oleh sipebelajar agar terjadi perilaku
belajar. Bahan ajar merupakan bagianpenting untuk mencapai hasil yang optimal
dari tujuan proses pembelajaran yang ditetapkan (Suprasman, 2003). Bahan
pelajaran menurutSuharsimi Arikunto (1990)merupakan inti yang ada di dalam
kegiatan belajar mengajar, karena memang bahan pelajaran itulah yang diupayakan
untuk dikuasai oleh anak didik. Sumber balajar yang baik dan
terbaru
akan menjadikan kegiatan belajar yang berhasil sesuai tuntutan zaman. Internet merupakan suatu aplikasi teknologi
informasi tempat mencari sumber bahan ajar pada saatini. Banyak data dan
informasi tentang materi pembelajar dapat ditemukan dan diambil melalui
Internet. Di Indonesia, pengguna Internet dalam pendidikan mencapai 29,9%
(Khoe,1996), sehingga banyak bahan-bahan ajar tentang kemajuan ilmu pengetahun
terbaru dapat ditemukan dan diambil dari Internet, tetapisulit ditemukan
bahan-bahan tersebut karena tidak mengetahui identitas dari komputer tempat bahan-bahan
tersebut berada.
Cara
yang umum digunakan adalah dengan menggunakan komputer yang memberikan layanan
mesin pencari (search engine), seperti :
- www.yahoo.com
- www.altavista.com
- www.lycols.com
- www.catcha.co.id
-www.google.com
-dan
lain-lain.
Informasi
yang didapatkan dari mesin pencari tersebut hanyalah topik-topik yangpembahasannya
secara global saja, sehingga untuk mendapatkan bahan yang lengkap sangat sulit
sekali. Dalam mesin pencari yang menjadi
pembanding pencarian adalah kata kunci (key word), sehingga setiap topik yang
menggunakan kata kunci tersebut akan ditampilkan di layar komputer. Informasi yang
ditampilkan pada mesin pencari, sangat jarang mengandung materi yang lengkap
dan isi yang terinci. Untuk mendapatkan bahan yang lengkap dan terinci kita
harus mengetahui identitas komputer yang tepat dari sumber bahan ajar yang
dicari.
PEMBAHASAN
Internet merupakan penerapan dari teknologi
informasi dibidang komunikasi data antar komputer (Beyda WJ, 1996). Internet
pertamakali dikenalkan tahun 1969 oleh Defence Advanced Reserch Project Agancy (DARPA)
di University Berkeley Amerika Serikat yang berfungsi untuk menghubungkan
komputer komputer-komputer disetiap pangkalan bersenjata
Amerika
Serikat dan sekutunya di seluruh dunia. Tahun 1990, Internet disebarkan ke
seluruh dunia, sehingga setiap komputer dapat berkomunikasi dengan Internet
(Kenzie AM, 2003). Internetmempunyai aturan (protocol) yang terbuka sehingga
setiap data dan informasidapat ditemukan dan diambil (find & get) tanpa
harus tahu di komputer mana data dan informasi tersebut berada (Na’am J, 2001).
Internet memiliki 3 (tiga) layanan utama,
yaitu :
1. Informasi, yaitu layanan dalam bentuk
menyajian informasi, seperti :
-Hyper
Text Transfer Protocol (http)
-World
Wide Web (www)
-Home
Page
-Situs
-Portal
2. Pesan, yaitu layanan komunikasi dalam bentuk
pesan, seperti :
-Simple
Mail Transfer Protocol (SMTP)
-Electronic
mail (e-mail)
-Chatting
3. Transfer file, yaitu layanan pengambilan file
(berkas data), sepeti :
-File
Transfer Protocol (ftp)
-Download
-Attachment
file
Untuk
semua layanan ini berada pada komputer-komputer yang mempunyai nama identitas
yang spesifik untuk kategori data dan informasi yang terkandung dalam setiap
komputer. Struktur dari identitas komputerdikelompokan atas 2, yaitu :
1. Dalam Amerika Serikat, adalah : Jenis_layanan.nama_komputer.kategori
2. Diluar Amerika Serikat, adalah : Jenis_layanan.nama_komputer.kategori.singkatan_negara
Yang
menentukan jenis informasi yang terkandung dalam komputer tersebut adalah
kategori. Kategori untuk dalam Amerika Serikat terdiri atas 3 (tiga) huruf dan
diluar Amerika Serikat terdiri atas 2 (dua) huruf.
Tabel
1. Pemakaian kategori identitas komputer Dalam AS Luar AS
Deskripsi Keterangan com co Commercial
Komersil / Bisnis gov go Government
Pemerintahan mil mi Military
Militer org or Organization
Organisasi net net Network
Jaringan edu ac Education/Academic Pendidikan
Bahan-bahan
ajar dapat diambil dari komputer yang mempunyai kategori dari identitas
eduuntuk dalam Amerika Serikat atau acuntuk luar Amerika Serikat. Untuk
singkatan negara yang ada diluar Amerika Serikat adalah sebagai berikut :
ad:Andorra
ae:United
Arab Emirates
af:Afghanistan
ag:Antigua
and Barbuda
ai:Anguilla
al:Albania
am:Armenia
an:Netherlands
Antilles
ao:Angola
aq:Antarctica
ar:Argentina
as:American
Samoa
at:Austria
au:Australia
aw:Aruba
az:Azerbaijan
ba:Bosnia
and Herzegowina
bb:Barbados
bd:Bangladesh
be:Belgium
bf:Burkina
Faso
bg:Bulgaria
bh:Bahrain
bi:Burundi
bj:Benin
bm:Bermuda
bn:Brunei
Darussalam
bo:Bolivia
br:Brazil
bs:Bahamas
bt:Bhutan
bv:Bouvet
Island
bw:Botswana
by:Belarus
bz:Belize
ca:Canada
cc:Cocos
(Keeling) Islands
cd:Congo
cf:Central
African Republic
cg:Congo
ch:Switzerland
ci:Cote
D'Ivoire
ck:Cook
islands
cl:Chile
cm:Cameroon
cn:China
co:Colombia
cr:Costa
Rica
cu:Cuba
cv:Cape
Verde
cx:Christmas
Island
cy:Cyprus
cz:Czech
Republic
de:Germany
dj:Djibouti
dk:Denmark
dm:Dominica
do:Dominican
Republic
dz:Algeria
ec:Ecuador
ee:Estonia
eg:Egypt
eh:Western
Sahara
er:Eritrea
es:Spain
et:Ethiopia
fi:Finland
fj:Fiji
fk:Falkland
Islands (Malvinas)
fm:Micronesia
fo:Faroe
Islands
fr:France
fx:France,
Metropolitan
ga:Gabon
gd:Grenada
ge:Georgia
gf:French
Guiana
gh:Ghana
gi:Gibraltar
gl:Greenland
gm:Gambia
gn:Guinea
gp:Guadeloupe
gq:Equatorial
Guinea
gr:Greece
gs:South
Georgia and the South
Sandwich
Islands
gt:Guatemala
gu:Guam
gw:Guinea-Bissau
gy:Guyana
hk:Hong
Kong
hm:Heard
and Mc Donald Islands
hn:Honduras
hr:Croatia
(Hrvatska)
ht:Haiti
hu:Hungary
id:Indonesia
ie:Ireland
il:Israel
in:India
io:British
Indian Ocean Territory
iq:Iraq
ir:Iran
is:Iceland
it:Italy
jm:Jamaica
jo:Jordan
jp:Japan
ke:Kenya
kg:Kyrgyzstan
kh:Cambodia
ki:Kiribati
km:Comoros
kn:Saint
Kitts and Nevis
kp:Korea
(North)
kr:Korea
kw:Kuwait
ky:Cayman
Islands
kz:Kazakhstan
la:Laos
lb:Lebanon
lc:Saint
Lucia
li:Liechtenstein
lk:Sri
Lanka
lr:Liberia
ls:Lesotho
lt:Lithuania
lu:Luxembourg
lv:Latvia
ly:Libya
ma:Morocco
mc:Monaco
md:Moldova
mg:Madagascar
mh:Marshall
Islands
mk:Macedonia
ml:Mali
mm:Myanmar
mn:Mongolia
mo:Macau
mp:Northern
Mariana Islands
mq:Martinique
mr:Mauritania
ms:Montserrat
mt:Malta
mu:Mauritius
mv:Maldives
mw:Malawi
mx:Mexico
my:Malaysia
mz:Mozambique
na:Namibia
nc:New
Caledonia
ne:Niger
nf:Norfolk
Island
ng:Nigeria
ni:Nicaragua
nl:Netherlands
no:Norway
np:Nepal
nr:Nauru
nu:Niue
nz:New
Zealand
om:Oman
pa:Panama
pe:Peru
pf:French
Polynesia
pg:Papua
New Guinea
ph:Philippines
pk:Pakistan
pl:Poland
pm:St.
Pierre and Miquelon
pn:Pitcairn
pr:Puerto
Rico
pt:Portugal
pw:Palau
py:Paraguay
qa:Qatar
re:Reunion
ro:Romania
ru:Russian
Federation
rw:Rwanda
sa:Saudi
Arabia
sb:Solomon
Islands
sc:Seychelles
sd:Sudan
se:Sweden
sg:Singapore
sh:St.
Helena
si:Slovenia
sj:Svalbard
and Jan Mayen Islands
sk:Slovak
Republic
sl:Sierra
Leone
sm:San
Marino
sn:Senegal
so:Somalia
sr:Suriname
st:Sao
Tome and Principe
sv:El
Salvador
sy:Syria
sz:Swaziland
tc:Turks
and Caicos Islands
td:Chad
tf:French
Southern Territories
tg:Togo
th:Thailand
tj:Tajikistan
tk:Tokelau
tm:Turkmenistan
tn:Tunisia
to:Tonga
tp:East
Timor
tr:Turkey
tt:Trinidad
and Tobago
tv:Tuvalu
tw:Taiwan
tz:Tanzania
ua:Ukraine
ug:Uganda
uk:United
Kingdom
um:United
States Minor Outlying
Islands
us:United
States
us:USA
uy:Uruguay
uz:Uzbekistan
va:Vatican
City State
vc:Saint
Vincent and the Grenadines
ve:Venezuela
vg:Virgin
Islands (British)
vi:Virgin
Islands (United States)
vn:Viet
Nam
vu:Vanuatu
wf:Wallis
and Futuna Islands
ws:Samoa
ye:Yemen
yt:Mayotte
yu:Yugoslavia
za:South
Africa
zm:Zambia
zr:Zaire
zw:Zimbabwe
Contoh
identitas komputer :
-
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Indonesia
www.yptk.ac.id
-
Universitas Indonesia Indonesia
www.ui.ac.id
-
Institut Teknologi Bandung Indonesia
www.itb.ac.id
-
Universitas Gajah Mada Indonesia
www.ugm.ac.edu
-
Universitas Sumatera Utara Indonesia
www.usu.ac.id
-
Quensland Univesity Technology Australia
www.qut.ac.au
-
University Technology Mara Malaysia
www.utm.ac.my
-
University of Pennsylvania USA
www.upenn.edu
-
Harvard University USA www.harvard.edu
-
Standford University USA
www.standford.edu
-
Ohio University USA www.ohou.edu
-
dan lain-lain.
Setiap situs lembaga pendidikan memuat informasi
bahan-bahan ajar dari setiap dosen yang mengasuh matapelajaran masing-masing.
Bahan-bahan ini lengkap dan dapat diambil dengan bebas. Ini akan membantu para pendidik dalam menemukan dan
mengambil (find & get) bahan ajar sesuai dengan bidangnya.
Matakuliah
(pelajaran) ini sangatberkembang dengan pesatnya, sehingga penulis banyak
mengambil bahan-bahan ajar dari Universitas Pertanian Malaysia (www.upm.ac.id),
Central Institute of Technology New Zeland (www.cit.ac.nz), Universitas
Technology Mara Malaysia (www.utm.ac.my), dll untuk mendapatkan bahan-bahan
ajar yang terbaru.
KESIMPULAN
Internet merupakan suatu wadah tempat
menyampaikan informasi pendidikan oleh setiap perguruan tinggi yang ada di
dunia, sehingga Internet dapat diberdayakan untuk mendapatkan bahan ajar. Pada
setiap situs perguruan tinggi akan menyediakan data dan informasi tentang
materi bahan-bahan ajar yang disampaikan oleh pengajar yang sedang berlangsung
pada saat itu
(terbaru)
sesuai dengan perkembangan ilmu dan
teknologi yang sedang berkembang.
Untuk
mengetahui bahan-bahan tersebut, kita harus mengetahui identitas komputer dari
setiap perguruan tinggi. Identitas komputer setiap perguruan tinggi di Internet
dapat dikelompokan atas2(kategori), yaitu yang ada didalam Amerika Serikat
adalah edu(education) dan diluar Amrerika Serikat adalah ac (academic) yang
diikuti oleh singkatan negara. Maka dengan mengetahui identitas komputer
perguruan tinggi maka kita akan dapat menemukan dan mengambil (find & get)
bahan-bahan ajar perguruan tinggi tersebut sesuai dengan bidang pengajar
sehingga dengan materi bahan ajar yang baik dan terbaru sehingga akan
mengasilkan prosesbelajar mengajar yang optimal.
DAFTAR
PUSTAKA
Beyda,WJ.
1996. Data Communications: From Basics to Broadband, 2
nd
Edition.
Prentice Hall Internatinal.
Djamarah,
SB dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Jakarta.
Cetakan ke-2.
Kenzie,
AM. 2003. www.cybergeography.org
Na’am,
J. 2001. Merancang Internet Protocol Address. Jurnal Akademika
ISSN
0854-4336 Vol 5 No.1 Tahun 2001. Hal. 19-30
Noer,
SM. 2001. Fenomena Pendidikan Indonesia Menghadapi Era
Globalisasi.
Jurnal Akademika ISSN 0854-4336 Vol. 5 No. 1 Tahun 2001.
Hal
109-117.
Sumijan.
2003. Sistem Informasi Bisnis (E-Commerce Sebagai Basis Bisnis
Global.
Jurnal Akademika ISSN 0854-4336Vol. 7 No. 1 Tahun 2003. Hal.
140-157.
Suprasman.
2003. Penyusunan Bahan Ajar Pendidikan Tinggi Profesional
Berdasarkan
Analisa Kompetensi. Jurnal Akademika ISSN 0854-4336
Vol.
7 No. 1 2003. Hal 8-16
Tidak ada komentar:
Posting Komentar