Kamera CCTV

Selasa, 31 Desember 2013

PEMBERDAYAAN INTERNET DALAM MENDAPATKAN MATERI BAHAN AJAR



PEMBERDAYAAN INTERNET DALAM MENDAPATKAN MATERI BAHAN AJAR

ABSTRAK
Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar yang baik dan terbaru akan menghasilkan proses pelajar mengajar yang optimal.
Internet merupakan salah satu sumbertempat menemukan dan mengambil (find & get) bahan ajar yang terbaru pada saat ini. Untuk mendapatkan bahan tersebut, harus diketahui identitas komputer tempat bahan itu berada. Pada Internet dapat dikategorikan atas 2 (dua), yaitu : edu (education) untuk komputer yang berada di dalam Amerika Serikat dan ac (academic) yang diikuti oleh singkatan negara untuk komputer yang berada di luar Amerika Serikat.
Keyword :find&get, bahan ajar, edu (education), ac (academic), situs

PENDAHULUAN
Proses pelaksanaan pendidikan berbasiskan kepada teknologi informasi, sehingga akan menciptakan generasi yangmaju sesuai dengan tuntutan masa datang. Menurut Sutrisno Muhdam (1993), tujuan pendidikan adalah untuk mempersiapkan generasi berikut agar mempunyai bekal yang cukup dan kematangan dalam menghadapi masalah-masalah yang akan dihadapinya.
 Proses utama yang terjadi dalam pendidikan adalah kegiatan pembelajaran, dimana dalamkegiatan belajar harus memanfaatkan segala daya yang menjadi sumber belajar (Ibrahim,1994). Menurut Djamarah Saiful Bahri dan Aswan Zain (2002), belajardan mengajar mengandung komponenkomponen, yaitu ; tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat dan sumber serta evaluasi. Menurut Degeng (1997), sumber belajar mencakup semua sumber yang mungkin dapat digunakan oleh sipebelajar agar terjadi perilaku belajar. Bahan ajar merupakan bagianpenting untuk mencapai hasil yang optimal dari tujuan proses pembelajaran yang ditetapkan (Suprasman, 2003). Bahan pelajaran menurutSuharsimi Arikunto (1990)merupakan inti yang ada di dalam kegiatan belajar mengajar, karena memang bahan pelajaran itulah yang diupayakan untuk dikuasai oleh anak didik. Sumber balajar yang baik dan
terbaru akan menjadikan kegiatan belajar yang berhasil sesuai tuntutan zaman.  Internet merupakan suatu aplikasi teknologi informasi tempat mencari sumber bahan ajar pada saatini. Banyak data dan informasi tentang materi pembelajar dapat ditemukan dan diambil melalui Internet. Di Indonesia, pengguna Internet dalam pendidikan mencapai 29,9% (Khoe,1996), sehingga banyak bahan-bahan ajar tentang kemajuan ilmu pengetahun terbaru dapat ditemukan dan diambil dari Internet, tetapisulit ditemukan bahan-bahan tersebut karena tidak mengetahui identitas dari komputer tempat bahan-bahan tersebut berada.
Cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan komputer yang memberikan layanan mesin pencari (search engine), seperti :
-  www.yahoo.com
-  www.altavista.com
-  www.lycols.com
-  www.catcha.co.id
-www.google.com
-dan lain-lain.
Informasi yang didapatkan dari mesin pencari tersebut hanyalah topik-topik yangpembahasannya secara global saja, sehingga untuk mendapatkan bahan yang lengkap sangat sulit sekali. Dalam  mesin pencari yang menjadi pembanding pencarian adalah kata kunci (key word), sehingga setiap topik yang menggunakan kata kunci tersebut akan ditampilkan di layar komputer. Informasi yang ditampilkan pada mesin pencari, sangat jarang mengandung materi yang lengkap dan isi yang terinci. Untuk mendapatkan bahan yang lengkap dan terinci kita harus mengetahui identitas komputer yang tepat dari sumber bahan ajar yang dicari.

PEMBAHASAN
 Internet merupakan penerapan dari teknologi informasi dibidang komunikasi data antar komputer (Beyda WJ, 1996). Internet pertamakali dikenalkan tahun 1969 oleh Defence Advanced Reserch Project Agancy (DARPA) di University Berkeley Amerika Serikat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer komputer-komputer disetiap pangkalan bersenjata
Amerika Serikat dan sekutunya di seluruh dunia. Tahun 1990, Internet disebarkan ke seluruh dunia, sehingga setiap komputer dapat berkomunikasi dengan Internet (Kenzie AM, 2003). Internetmempunyai aturan (protocol) yang terbuka sehingga setiap data dan informasidapat ditemukan dan diambil (find & get) tanpa harus tahu di komputer mana data dan informasi tersebut berada (Na’am J, 2001).
 Internet memiliki 3 (tiga) layanan utama, yaitu :
1.  Informasi, yaitu layanan dalam bentuk menyajian informasi, seperti :
-Hyper Text Transfer Protocol (http)
-World Wide Web (www)
-Home Page
-Situs
-Portal
2.  Pesan, yaitu layanan komunikasi dalam bentuk pesan, seperti :
-Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
-Electronic mail (e-mail)
-Chatting
3.  Transfer file, yaitu layanan pengambilan file (berkas data), sepeti :
-File Transfer Protocol (ftp)
-Download
-Attachment file
Untuk semua layanan ini berada pada komputer-komputer yang mempunyai nama identitas yang spesifik untuk kategori data dan informasi yang terkandung dalam setiap komputer. Struktur dari identitas komputerdikelompokan atas 2, yaitu :
1.  Dalam Amerika Serikat, adalah : Jenis_layanan.nama_komputer.kategori
2.  Diluar Amerika Serikat, adalah : Jenis_layanan.nama_komputer.kategori.singkatan_negara
Yang menentukan jenis informasi yang terkandung dalam komputer tersebut adalah kategori. Kategori untuk dalam Amerika Serikat terdiri atas 3 (tiga) huruf dan diluar Amerika Serikat terdiri atas 2 (dua) huruf.
Tabel 1. Pemakaian kategori identitas komputer Dalam AS  Luar AS  Deskripsi  Keterangan com  co  Commercial  Komersil / Bisnis gov  go  Government  Pemerintahan mil  mi  Military  Militer org  or  Organization  Organisasi net  net  Network  Jaringan edu  ac  Education/Academic  Pendidikan
Bahan-bahan ajar dapat diambil dari komputer yang mempunyai kategori dari identitas eduuntuk dalam Amerika Serikat atau acuntuk luar Amerika Serikat. Untuk singkatan negara yang ada diluar Amerika Serikat adalah sebagai berikut :
ad:Andorra
ae:United Arab Emirates
af:Afghanistan
ag:Antigua and Barbuda
ai:Anguilla
al:Albania
am:Armenia
an:Netherlands Antilles
ao:Angola
aq:Antarctica
ar:Argentina
as:American Samoa
at:Austria
au:Australia
aw:Aruba
az:Azerbaijan
ba:Bosnia and Herzegowina
bb:Barbados
bd:Bangladesh
be:Belgium
bf:Burkina Faso
bg:Bulgaria
bh:Bahrain
bi:Burundi
bj:Benin
bm:Bermuda
bn:Brunei Darussalam
bo:Bolivia
br:Brazil
bs:Bahamas
bt:Bhutan
bv:Bouvet Island
bw:Botswana
by:Belarus
bz:Belize
ca:Canada
cc:Cocos (Keeling) Islands
cd:Congo
cf:Central African Republic
cg:Congo
ch:Switzerland
ci:Cote D'Ivoire
ck:Cook islands
cl:Chile
cm:Cameroon
cn:China
co:Colombia
cr:Costa Rica
cu:Cuba
cv:Cape Verde
cx:Christmas Island
cy:Cyprus
cz:Czech Republic
de:Germany
dj:Djibouti
dk:Denmark
dm:Dominica
do:Dominican Republic
dz:Algeria
ec:Ecuador
ee:Estonia
eg:Egypt
eh:Western Sahara
er:Eritrea
es:Spain
et:Ethiopia
fi:Finland
fj:Fiji
fk:Falkland Islands (Malvinas)
fm:Micronesia
fo:Faroe Islands
fr:France
fx:France, Metropolitan
ga:Gabon
gd:Grenada
ge:Georgia
gf:French Guiana
gh:Ghana
gi:Gibraltar
gl:Greenland
gm:Gambia
gn:Guinea
gp:Guadeloupe
gq:Equatorial Guinea
gr:Greece
gs:South Georgia and the South
Sandwich Islands
gt:Guatemala
gu:Guam
gw:Guinea-Bissau
gy:Guyana
hk:Hong Kong
hm:Heard and Mc Donald Islands
hn:Honduras
hr:Croatia (Hrvatska)
ht:Haiti
hu:Hungary
id:Indonesia
ie:Ireland
il:Israel
in:India
io:British Indian Ocean Territory
iq:Iraq
ir:Iran
is:Iceland
it:Italy
jm:Jamaica
jo:Jordan
jp:Japan
ke:Kenya
kg:Kyrgyzstan
kh:Cambodia
ki:Kiribati
km:Comoros
kn:Saint Kitts and Nevis
kp:Korea (North)
kr:Korea
kw:Kuwait
ky:Cayman Islands
kz:Kazakhstan
la:Laos
lb:Lebanon
lc:Saint Lucia
li:Liechtenstein
lk:Sri Lanka
lr:Liberia
ls:Lesotho
lt:Lithuania
lu:Luxembourg
lv:Latvia
ly:Libya
ma:Morocco
mc:Monaco
md:Moldova
mg:Madagascar
mh:Marshall Islands
mk:Macedonia
ml:Mali
mm:Myanmar
mn:Mongolia
mo:Macau
mp:Northern Mariana Islands
mq:Martinique
mr:Mauritania
ms:Montserrat
mt:Malta
mu:Mauritius
mv:Maldives
mw:Malawi
mx:Mexico
my:Malaysia
mz:Mozambique
na:Namibia
nc:New Caledonia
ne:Niger
nf:Norfolk Island
ng:Nigeria
ni:Nicaragua
nl:Netherlands
no:Norway
np:Nepal
nr:Nauru
nu:Niue
nz:New Zealand
om:Oman
pa:Panama
pe:Peru
pf:French Polynesia
pg:Papua New Guinea
ph:Philippines
pk:Pakistan
pl:Poland
pm:St. Pierre and Miquelon
pn:Pitcairn
pr:Puerto Rico
pt:Portugal
pw:Palau
py:Paraguay
qa:Qatar
re:Reunion
ro:Romania
ru:Russian Federation
rw:Rwanda
sa:Saudi Arabia
sb:Solomon Islands
sc:Seychelles
sd:Sudan
se:Sweden
sg:Singapore
sh:St. Helena
si:Slovenia
sj:Svalbard and Jan Mayen Islands
sk:Slovak Republic
sl:Sierra Leone
sm:San Marino
sn:Senegal
so:Somalia
sr:Suriname
st:Sao Tome and Principe
sv:El Salvador
sy:Syria
sz:Swaziland
tc:Turks and Caicos Islands
td:Chad
tf:French Southern Territories
tg:Togo
th:Thailand
tj:Tajikistan
tk:Tokelau
tm:Turkmenistan
tn:Tunisia
to:Tonga
tp:East Timor
tr:Turkey
tt:Trinidad and Tobago
tv:Tuvalu
tw:Taiwan
tz:Tanzania
ua:Ukraine
ug:Uganda
uk:United Kingdom
um:United States Minor Outlying
Islands
us:United States
us:USA
uy:Uruguay
uz:Uzbekistan
va:Vatican City State
vc:Saint Vincent and the Grenadines
ve:Venezuela
vg:Virgin Islands (British)
vi:Virgin Islands (United States)
vn:Viet Nam
vu:Vanuatu
wf:Wallis and Futuna Islands
ws:Samoa
ye:Yemen
yt:Mayotte
yu:Yugoslavia
za:South Africa
zm:Zambia
zr:Zaire
zw:Zimbabwe
Contoh identitas komputer :
- Universitas Putra Indonesia “YPTK” Indonesia  www.yptk.ac.id
- Universitas Indonesia Indonesia  www.ui.ac.id
- Institut Teknologi Bandung Indonesia  www.itb.ac.id
- Universitas Gajah Mada Indonesia  www.ugm.ac.edu
- Universitas Sumatera Utara Indonesia  www.usu.ac.id
- Quensland Univesity Technology Australia  www.qut.ac.au
- University Technology Mara Malaysia  www.utm.ac.my
- University of Pennsylvania USA  www.upenn.edu
- Harvard University USA  www.harvard.edu
- Standford University USA  www.standford.edu
- Ohio University USA  www.ohou.edu
- dan lain-lain.
 Setiap situs lembaga pendidikan memuat informasi bahan-bahan ajar dari setiap dosen yang mengasuh matapelajaran masing-masing. Bahan-bahan ini lengkap dan dapat diambil dengan bebas. Ini akan  membantu para pendidik dalam menemukan dan mengambil (find & get) bahan ajar sesuai dengan bidangnya.
Matakuliah (pelajaran) ini sangatberkembang dengan pesatnya, sehingga penulis banyak mengambil bahan-bahan ajar dari Universitas Pertanian Malaysia (www.upm.ac.id), Central Institute of Technology New Zeland (www.cit.ac.nz), Universitas Technology Mara Malaysia (www.utm.ac.my), dll untuk mendapatkan bahan-bahan ajar yang terbaru.

KESIMPULAN
 Internet merupakan suatu wadah tempat menyampaikan informasi pendidikan oleh setiap perguruan tinggi yang ada di dunia, sehingga Internet dapat diberdayakan untuk mendapatkan bahan ajar. Pada setiap situs perguruan tinggi akan menyediakan data dan informasi tentang materi bahan-bahan ajar yang disampaikan oleh pengajar yang sedang berlangsung pada saat itu
(terbaru) sesuai dengan  perkembangan ilmu dan teknologi yang sedang berkembang.
Untuk mengetahui bahan-bahan tersebut, kita harus mengetahui identitas komputer dari setiap perguruan tinggi. Identitas komputer setiap perguruan tinggi di Internet dapat dikelompokan atas2(kategori), yaitu yang ada didalam Amerika Serikat adalah edu(education) dan diluar Amrerika Serikat adalah ac (academic) yang diikuti oleh singkatan negara. Maka dengan mengetahui identitas komputer perguruan tinggi maka kita akan dapat menemukan dan mengambil (find & get) bahan-bahan ajar perguruan tinggi tersebut sesuai dengan bidang pengajar sehingga dengan materi bahan ajar yang baik dan terbaru sehingga akan mengasilkan prosesbelajar mengajar yang optimal.

DAFTAR PUSTAKA
Beyda,WJ. 1996. Data Communications: From Basics to Broadband, 2
nd
Edition. Prentice Hall Internatinal.
Djamarah, SB dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Jakarta. Cetakan ke-2.
Kenzie, AM. 2003. www.cybergeography.org
Na’am, J. 2001. Merancang Internet Protocol Address. Jurnal Akademika
ISSN 0854-4336 Vol 5 No.1 Tahun 2001. Hal. 19-30
Noer, SM. 2001. Fenomena Pendidikan Indonesia Menghadapi Era
Globalisasi. Jurnal Akademika ISSN 0854-4336 Vol. 5 No. 1 Tahun 2001.
Hal 109-117.
Sumijan. 2003. Sistem Informasi Bisnis (E-Commerce Sebagai Basis Bisnis
Global. Jurnal Akademika ISSN 0854-4336Vol. 7 No. 1 Tahun 2003. Hal.
140-157.
Suprasman. 2003. Penyusunan Bahan Ajar Pendidikan Tinggi Profesional
Berdasarkan Analisa Kompetensi. Jurnal Akademika ISSN 0854-4336
Vol. 7 No. 1 2003. Hal 8-16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar